Minggu, Agustus 22, 2010

kapan kita merdeka

aku lupa kapan kita merdeka
ketika kemiskinan sangat akrab dengan kita
ketika penindasan tak pernah berhenti terberitakan
ketika korupsi marak dilakukan
aku lupa kapan kita merdeka
ketika penguasa gemar memamerkan keangkuhannya
ketika birokrat berjama’ah melakukan korupsi
ketika aparat pandai mengebiri kewajibannya
aku lupa kapan kita merdeka
ketika veteran masih juga berperang memenuhi kebutuhannya
ketika pemuda bahkan tak tahu arti pahlawan
ketika generasi muda mencampakkan nasionalisme
aku lupa kapan kita merdeka
ketika jalan hidup bangsa masih disetir bangsa asing
ketika perekonomian masih tergantung bangsa lain
ketika politik negara didikte bangsa alien
aku lupa kapan kita merdeka
ketika pendidikan menjadi barang antik bagi kaum miskin
ketika matapencaharian dikuasai mesin-mesin
ketika hutang negara mencekik rakyat kecil
ketika rupiah menjadi tak berarti
aku lupa kapan kita merdeka
……..…………………pernahkah kita merdeka???
Q-Pooh, 17 Agustus 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR SARAN DAN SUMBANGAN KARYA ANDA AKAN MEMPERKAYA KHASANAH SASTRA INDONESIA